Rabu, 29 Mei 2013

Teknik Belajar Visual Basic

  1. Visual basic adalah bahasa yang sebenarnya cukup mudah untuk dipelajari.bagi programmer pemula yang baru ingin belajar program, lingkungan visual basic dapat membantu membuat program berbasis windows dengan sekejap mata. Sedang bagi programmer tingkat lanjut, kemampuanya yang besar dapat di gunakan untuk membuat program program yang kompleks, misalnya seperti dalam lingkungan networking atau client server.

    Untungnya, visual basic cukup sederhana dan menggunakan kata kata bahasa inggris yang umum digunakan.

    Anda pun tidak perlu menghafalkan sintaks-sintaks maupun format bahasa yang bermacam macam. Di dalam visual basic semuanya sudah di sediakan dalam pilihan-pilihan yang tinggal diambil sesuai kebutuhan. Selain itu, sarana pengembangannya yang bersifat visual memudahkan anda untuk mengembangkan
    program aplikasi berbasis windows, bersifat mouse-driven (digerakan dengan menggunakan mouse).

    Visual basic merupakan salah satu bahasa pemrograman paling terkenal tetapi juga paling mudah dan menyenangkan. Walaupun anda tidak memiliki keahlian pemrograman sebelumnya , jika anda mampu menjelajahi windows dengan baik, anda akan segera dapat dengan mudah mengembangkan aplikasi dengan visual basic.

    Kesimpulanya, visual basic adalah sebuah sarana pembuat program yang lengkap namun mudah. Siapapun yang bisa menggunakan windows, ia pasti bisa membuat program dengan visual basic. Anda hanya perlu tahu cara menggunakan mouse, memanipulasi jendela, serta logika pemrograman untuk membuat sebuah aplikasi visual basic.

    Link :
    Attached Images Attached Images
    Last edited by aditirawan; 14-03-13 at 03:01 PM.
    xandietya likes this.
  2. #2
    Newbie aditirawan's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    CIANJUR
    Posts
    27
    Rep Power
    0

    Post ALL About Visual Basic

    Maaf Link nya di alihkan kesini...

    Website : www.visualbasicku.com

    WELCOME ALL ABOUT VB

    Walaupun VB.NET uda lama beredar, gw yakin masih banyak juga yang menggunakan VB6, baik sebagai programming language utama maupun pelengkap, dengan berbagai alasan tertentu. Untuk itu, saya ingin mengajak seluruh programmer setia VB6 untuk ikut bergabung di thread ini dan saling berbagi cerita maupun ilmu masing-masing dengan tujuan bisa memajukan pemrograman VB6 di Indonesia, khususnya forum kompas tercinta ini


    • Belajar bareng VB
    • Berbagi tips dan trik VB
    • Posting alasan Ente pake VB 6
    • berbagi source codeBerbagi Komponen

  3. Buat para pembaca saya mau share nih cara sederhana mengenai Teknik dasar belajar visual basic dalam membuat aplikasi berbasis windows dengan visual basic. dengan trik sederhana tapi hasil bagus. semoga membantu.. pos ini akan terus di update jika ada ada tutorial baru. hayu ah mulai.

    Pernahkan kalian mengenal pemrograman visual basic berbasis windows.nah visual basic termasuk salah satu pemrograman tersebut.sebenarnya ada trik dan tips dalam membuat aplikasi.tapi jiga anda pernah belajar pemrograman tersebut seperti visual basic tinggal melanjutkan saja.mungkin salah satu updatetan ini ada yang nyangkut dan bisa di gunakan

    Jika kita membahas dasar Visual Basic, sebenarnya tidak cukup hanya dengan satu panduan, apalagi satu contoh. Namun di sini akan dibatasi agar uraianya tidak terlalu umum ataupun khusus. Artinya, bagian ini mencoba menguraikan hal-hal ringan yang di anggap penting dan sering di perlukan.

    Awalan Penanaman variebel
    Konsistensi sering di kaitkan dengan penulisan kode program yang standart. Ini tentu cukup beralasan karena penulisan kode yang konsisten menjadikan kode program lebih mudah dibaca dan dipahami.

    ‘ Jika hanya ada satu variebel string di Saturday
    ‘ ruang lingkup
    Dim Str As String

    ‘ Jika terdapat lebih dari Satu
    Dim strNama As String
    Dim strAlamat As String
    Hindari Tipe Variant
    Tipe data Variant secara otomatis akan ditetapkan pada suatu variebel manakala anda tidak menetapkan tipe datanya secara eksplisit.

    ‘ Variabel intX bertipe Variant
    Dim IntX, intY As Integer

    ‘ intA dan intB bertipe Integer
    Dim intA as Integer, intB As Integer
    Alasan utama untuk menghindari tipe data Variant adalah karena eksekusinya yang cenderung lebih lambat mengkonsumsi memori lebih besar.

    Ruang Lingkup Variabel
    Apabila variabel-variabel anda hanya diperlukan oleh suatu method (prosedur/fungsi), sebaiknya deklarasikan di level
    Local. Teknik ini terkait erat dengan performa aplikasi, dimana variabel local akan lebih cepat di eksekusi disbanding variabel global.

    Konkatenasi dan Multiline
    Pada saat anda ingin menghubungkan string, gunakan operator konkatenasi (&). Adapun jika konkatenasi melibatkan baris baru, sebaiknya manfaatkan karakter garis bawah (Underscore)

    ‘ Hello Indonesia adalah satu bagian
    strData = “Hello” & _
    “Indonesia”
    ‘ strA dan strB adalah dua bagian
    Dim strA As string
    strB As string
    Definisi tipe data
    Anda pasti pernah menemui kode program Visual Basic (VB) yang mendefinisikan suatu tipe data menggunakan akhiran karakter tertentu, seperti $, %, dan sebagainya. Pendekatan yang juga disebut definisi tipe data secara implicit ini umumnya dilakukan untuk mempercepat eksekusi kode, berikut ini symbol (karakter ) yang dapat digunakan sebagai akhiran nama variabel untuk merepresentasikan tipe data.

    Perlu di perhatikan, bagian ini tidak bermaksud menyarankan anda untuk menggunakan pendekatan di atas, namun hanya sekedar memperlihatkan bagaimana implementasi secara implicit. Bagaimanapun juga, pendekatan definisi seperti ini seringkali membingungkan , terutama bagi yang belum memahami makna karakter terkait

    Verifikasi tipe data
    Pada saat akan melakukan operasi terhadap suatu variabel terkadang kita ingin memeriksa tipe datanya terlebih dahulu. Untuk memudahkan verifikasi ini, kita bisa menambahkan method-method yang tersedia.

    Pernyataan kondisional
    Dalam melakukan analisis dua kasus , anda tidak bisa meringkas penulisan kode program dengan memanfaatkan method if

    Dim bStatus As Boolean
    Dim intResult As integer

    ‘ Pendekatan if (satandart)
    If bStatus then
    intResult = 1
    else
    intResult = 0
    End if
    Print intResult

    ‘ Pendekatan if
    intResult = if(bStatus, 1, 0)
    Print intResult
    Namun perlu diperhatikan , eksekusi method If cenderung lebih lambat dibanding pernyataan kondisional If

    Keyword Step
    Disamping menyederhanakan penulisan kode program pengulangan keyword step juga mampu mempercepat eksekusi kode. Sebagai contoh , kedia program berikut akan menghasilkan keluaran sama.

    Dim i as Integer

    ‘Mencetak bilangan ganjil 1-10
    For I = 0 to 9
    I = 1 + 1
    Print i
    Next i

    ‘Menggunakan pendekatan step
    For I = 1 to 10 step 2
    Print i
    Next i
    Link :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar