Jumat, 24 Mei 2013

5 Robot Masa Depan Tercanggih Di Dunia

Hari ini perkembangan teknologi robotika semakin mengagumkan. Tidak heran bila sebagian robot saat ini dapat melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh manusia. Sebagian dari robot-robot tersebut dibuat untuk menolong tugas manusia, namun ada juga yang dibikin spesial untuk jadi rekan hidup manusia. Berikut ini adalah daftar robot berteknologi canggih yang menjadikannya semakin mirip dengan manusia yang kami rangkum dalam artikel 5 Robot Masa Depan Tercanggih Di Dunia.
1). Topio
topio-pingpong-robot-Robot Masa Depan Tercanggih Di Dunia
Topio merupakan robot jenis humanoid atau mirip dengan manusia yang dirancang untuk dapat menjadi atlet ping-pong yang handal. Robot buatan Jepang ini bisa jadi lawan yang cukup tangguh bagi Anda di meja ping-pong. Topio merupakan kependekan dari Tosy Ping-Pong Playing Robot. Ia mempunyai sebuah kecerdasan buatan yang canggih sehingga dapat menambah skill bermain ping-pongnya dengan terus menerus bermain.
2). Asimo
asimo-Robot Masa Depan Tercanggih Di Dunia
Asimo merupakan kependekan Advanced Step in Innovative Mobility. Robot humanoid ini diluncurkan kali pertama oleh Honda pada thn 2000. Dia dirancang bisa beradaptasi didunia nyata serta dapat berjalan dengan menggunakan ke-2 kakinya. Asimo dapat mengetahui objek bergerak, suara, serta wajah manusia. Dua matanya adalah sepasang kamera yang berguna untuk mengenali lingkungan dan menghitung jarak ataupun arah ke suatu lokasi. Selain itu, Asimo juga dapat mengikuti seseorang serta mengerti perintah suara dan gerakan tangan, sehingga ia dapat merespon bila ada yang ingin berjabat tangan dengannya.
3). Murata Girl
murata_girl-Robot Masa Depan Tercanggih Di Dunia
Murata Girl, itulah nama robot yang juga berasal dari Jepang ini. Wujud fisik dari robot buatan Murata Manufacturing ini seperti layaknya anak kecil. Dia memiliki sejenis sensor yang berguna untuk menjaga keseimbangan, sehingga ia dapat mengendalikan sebuah sepeda roda satu ke depan serta belakang. Matanya adalah sensor ultrasonik yang akan memberi tahu si robot apabila ada benda disekitarnya, sehingga ia tak menabrak sesuatu waktu tengah asik bersepeda. Sementara itu, otak robotnya bertugas untuk mengarahkan gerak sepedanya.
4). Violin Robot
violin_toyota-partner-robot-Robot Masa Depan Tercanggih Di Dunia
Sesuai dengan namanya, Violin Robot merupakan sebuah robot canggih yang dapat bermain alat musik biola. Pembuatnya yaitu Toyota, perusahaan otomotif besar asal Jepang. Jari-jari robot ini bisa dengan lincah bermain biola serta melantunkan nada-nada dengan serasi.
5). HRP – 4C
hrp-4c-Robot Masa Depan Tercanggih Di Dunia
Tak hanya dapat bicara dan menyapa penonton, robot dengan wajah cantik bernama HRP-4C ini juga didesain sedemikian rupa supaya setiap gerak tubuhnya serupa dengan manusia sungguhan. Robot ini yang didesain untuk peragaan busana ini memiliki tinggi yang sama dengan tinggi perempuan Jepang pada umumnya yang sekitar 158 cm. Menurut National Institute of Advanced Industrial Science and Technology selaku pengembangnya, wujud si robot terinspirasi dari tokoh pada sebuah manga (komik) Jepang. (bin)

0 Response on "5 Robot Masa Depan Tercanggih Di Dunia"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar