Kamis, 09 Mei 2013

Mari Belajar Visual Basic

Jumat, 18 Januari 2013

Cara Membuat Program Simpan Edit Dan Delete Dengan Visual Basic 6.0

Cara Membuat Program Simpan Edit Dan Delete Dengan Visual Basic 6.0 | Gho Blog's - Melanjutkan latihan pemrograman Visual Basic 6.0 kita pada hari ini, kita akan mencoba membuat sebuah program menggunakan perintah Simpan, Edit dan Delete.
Latihan kali ini kita akan menggunkan Microsoft Office Access 2003 sebagai database. Saya menggunakan database yang pernah dibuat pada posting sebelumnya. Untuk lebih jelasnya silakan sobat lihat lagi posting saya yang berjudul Cara Membuat Database Dengan Microsoft Office Access 2003. Database inilah yang akan kita gunakan sebagai bahan latihan hari ini.
Untuk memulai latihan, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Sekarang bukalah sebuah project baru di Visual Basic 6.0, gunakan VB Enterprise Edition Controls. Karena akan lebih lengkap tools-toolsnya dibanding menggunakan Standart EXE.
Cara Membuat Program Simpan Edit Dan Delete Dengan Visual Basic 6.0
  • Kemudian buatlah disain form seperti berikut ini. Atur settingan Enabled pada tombol Edit dan Delete menjadi False. Tujuannya agar tidak  terjadi human error.
Cara Membuat Program Simpan Edit Dan Delete Dengan Visual Basic 6.0

  • Buatlah sebuah modul koneksi database dengan cara klik menu Project ==> Add Module ==> Open.
  • Dan masukkan script berikut di modul tersebut
  • Kemudian kembali pada disain form. Kita akan memanggil fungsi dari module koneksi yang baru dibuat, caranya double klik form tersebut kemudian masukkan perintah dibawah ini, tepat antara Private Sub Form_Load() dengan End Sub.
  • Buatlah sebuah program untuk membersihkan form dan mengembalikan kondisi form dalam keaadaan awal. Caranya, letakkan script berikut ini di tempat kosong pada di program. Program ini saya beri nama "kosongform".
  • Selanjutnya kita akan membuat tombol simpan. Duoble klik pada tombol simpan dan masukkan script berikut diantara Private Sub Command1_Click() dengan End Sub.
  • Sebelum kita membuat tombol Edit, kita harus membuat sebuah program pemanggilan data terlebih dahulu, gunanya agar tidak terjadi duplikasi pada primary key. Cara penggunaanya adalah, kita mengetikkan NIM yang ingin diinputkan pada Text1, kemudian tekan tombol Enter pada keybord. Bila NIM yang kita masukan tadi sudah didalam database, maka data lainnya seperti "Nama, Tmp/Tgl Lahir, Fakultas dsb" akan muncul berdasarkan NIM yang kita masukkan dan tombol Simpan akan di non aktifkan agar tidak terjadi duplikasi data yang disebabkan faktor human error.

  • Cara membuat program tersebut yang pertama adalah, double klik pada Text1.Text. Setelah itu pilih metode KeyPress.
Cara Membuat Program Simpan Edit Dan Delete Dengan Visual Basic 6.0
  • Setelah itu masukkan script berikut diantara Private Sub Text1_KeyPress(KeyAscii As Integer) dengan End Sub.
  • Jika sudah, barulah kita buat tombol Editnya, caranya double klik pada tombol Edit dan masukkan script berikut diantara Private Sub Command2_Click() dengan End Sub.

  • Selanjutnya, kita buat tombol Delete, Caranya double klik pada tombol Delete dan masukkan script berikut diantara Private Sub Command3_Click()  dengan End Sub.
  • Terakhir, kita buat tombol Exit, duoble klik pada tombol Exit dan masukkan script berikut diantara Private Sub Command4_Click() dengan End Sub.


Untuk selanjutnya sobat bisa ikuti tutorial saya yang berjudul Penggunaan DTPicker Dan Combo Box Pada Program Simpan Edit Delete Dengan Visual Basic 6.0 agar sobat bisa lebih memahami pembuatan program "Simpan, Edit dan Delete" dengan tambahan tools lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar