Selasa, 28 Mei 2013

Cara menampilkan catatan agenda di layar desktop windows 7


Cara menampilkan catatan agenda di layar desktop windows 7


Sesuai judul diatas, pasa postingan kali ini cariapasih.com akan memberikan sebuah trik sederhana yaitu tentang cara membuat catatan di windows 7. Bagi sebagian orang, sebuah alat pengingat mungkin akan sangat besar perannya dalam kehidupan sehari-hari. misalnya saja bagi anda yang kerja kantoran, anda pasti memerlukan alat pengingat untuk semua jadwal anda, bisa meeting, pertemuan penting dan lain sebagainya. tidak hanya seorang yang kerja kantoran, bagi anda yang masih berstatus pelajar baik itu SMP SMA ataupun Mahasiswa juga sangat memerlukan ini.

Disini pengingat yang akan kita gunakan adalah sebuah software yang dapat menampilkan cacatan di tempat yang anda inginkan pada laptop atau komputer anda. tentu ini sangat efektif sekali terutama bagi kita yang agak pelupa dan memiliki jadwal yang banyak. software yang akan kita gunakan adalah 7 sticky note. software ini tersedia secara gratis untuk anda install di laptop atau komputer anda, dan walaupun gratis software ini sangat baik dalam segi tampilan maupun fitur-fitur yang terdapat didalamnya.
Bagi anda yang tertarik untuk memasang software note ini pada laptop atau komputer, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Jika sudah terdownload, langkah selanjutnya adalah menginstall software 7 sticky ini pada laptop atau komputer anda. lakukan  dengan mengklik file SetupStickyNotesv14.exe untuk memulai proses instalasi.
  • Jika saat pertama memulai instalasi muncul window seperti gambar di bawah ini, klik Run.

program pengingat 
  • dan jika yang muncul adalah seperti beriku, klik Yes.

menampilkan catatan di layar desktop 
  • akan muncul setup wizard Klik Next.

software pengingat alarm untuk laptop komputer
  
  • Anda akan melihat windows License Agreement, silahkan pilih“I accept the agreement”, lalu klik Next. lihat gambar dibawah !

software pengingat alarm untuk laptop komputer 
  • akan muncul options instalasi, pilih saja Normal, dan dilanjutkan dengan mengklik Next.

software pengingat alarm untuk laptop komputer
  • Pilih folder dimana tempat Anda ingin meng-install 7 sticky ini, secara default, instalasi akan ditempatkan pada folder c:\Program Files\7 Sticky Notes, anda bisa merubanya dengan mengklik Browser, untuk mudahnya biarkan saja default kemudian klik Next.


software pengingat alarm untuk laptop komputer


  • Langsung klik Next, kecuali jika Anda ingin merubah nama folder yang akan tampil di Start Menu terlebih dahulu.

program pengingat alarm untuk laptop komputer 
  • Biarkan saja pilihan “Create a desktop icon” tercentang, dengan begini software akan menampilkan shortcut pada layar desktop secara otomatis. selanjutnya klik Next.

program pengingat alarm untuk laptop komputer windows 7


  • lamgsung klik Install.

Setup 7 Sticky Notes


  • Sekarang aplikasi 7 Sticky Notes sudah ter-install pada laptop atau komputer Anda. Klik Finish untuk menutup window.

program pengingat alarm untuk laptop komputer windows 7



Untuk cara penggunaannya menampilkan cacatan pada laptop atau komputer anda, silahkan simak langkah-langkah berikut !


  • Buka software 7 sticky yang baru saja anda install, bisa melalui shortcut ataupun start menu
  • Jika saat anda membuka software ini menampilkan windows update confirmasi. Klik saja Yes. artinya jika nantinya terdapat update versi terbaru dari software ini, system akan secara otomatis memberitahukan kepada anda.

program pengingat alarm untuk laptop komputer windows 7 
  • Akan muncul tampilan seperti berikut ini. jika anda memiliki waktu, Silahkan dibaca-baca dulu untuk mendapatkan gambaran mengenai aplikasi 7 sticky ini.

pengingat waktu


  • Selanjutnya klik “Show hidden icons” pada system tray, Kemudian arahkan mouse ke ikon 7 Sticky Notes yang terdapat disana.

membuat agenda di windows 7 
  • Klik-kanan, lalu klik Options.

membuat agenda di windows 7

  • akan muncul General Settings, disini anda bisa merubah berbagai macam pengaturan seperti shortcut, tampilan, visual effect, alarm, dan lain sebagainya.

membuat agenda di windows 7 
  • Arahkan perhatian anda pada menu bar yang terapat di bagian kiri, pilih Sleep/Alarm, lalu klik tombol plus (+) warna hijau.

membuat agenda di windows 7 
  • Anda akan diminta untuk memasukkan atau memilih nama Sound yang nantinya akan digunakan sebagai alarm. Saya misalkan disini dengan: “Alarmku”. kemudian klik OK.

membuat agenda di windows 7

  • Selanjutkan silahkan Pilih nada atau lagu yang ingin Anda gunakan sebagai nada alarm nantinya. Anda bisa memilih jenis filenya di bagian kanan bawah (lihat gambar dibawah). dan jika sudah lanjtkan dengan meng-klik Open.

membuat agenda di windows 7 
  • Anda dapat mencoba memainkan alarm Anda dengan memilih nama alarm "Alarmku" (sesuai dengan nama yang anda buat sebelumnya), lalu klik tombol play berwarna hijau yang terletak di bagian kanan dari deretan tombol. Jika dirasa sudah pas dan sesuai selera silahkan klik tombol Apply untuk menyimpan pengaturan. lanjut Klik OK dan terakhir klik Close untuk menutup window.

membuat agenda di windows 7


  • Sampai tahap ini anda sudah berhasil melakukan pengaturan pada alarm. Saatnya  anda bereksperimen dengan note sekaligus alarm yang sesungguhnya. Untuk memulai tekan Alt+Z, shortcut ini adalah tombol cepat untuk membuat catatan baru.

membuat agenda di windows 7 
  • Selanjutnya tulis judul dan isi cacatan anda sesuai dengan apa yang akan anda tampilkan sebagai pengingat. pilih juga font sesuai selera anda pada option font yang tersedia.

membuat agenda di windows 7 
  • Warna catatan juga bisa anda sesuaikan. Caranya adalah klik tab Style, lalu klik combo-box Note Theme, kemudian pilih warna kesukaan Anda. Dalam contoh ini dipilih warna biru.

membuat agenda di windows 7 
  • Selanjutnya, masuk ke tab Alarms, kemudian beri centang pada kotak bagian bawah yang (di sebelah tombol bergambar jam weker). Kemudian jika sudah., klik tombol jam weker tersebut.

membuat agenda di windows 7 
  • Beri centang juga pada kotak yang bertuliskan “At” (pada kotak kedua). silahkan anda tentukan waktu (jam dan tanggal) kapan alarm akan menyala. Jangan lupa atur juga nada yang akan digunakan pada bagian Wakeup Sound, anda bisa memilih nada“Alarmku” (settingan alarm yang baru saja anda buat). Jika semuanya sudah diatur, klik Set, kemudian klik tombol dengan gambar centang hijau untuk menutup window.

software alarm 
  • alarm akan menyala sesuai dengan waktu yang anda tentukan, yang ditandai dengan catatan bergetar dan muncul tulisan alarm di kiri bawah dengan suara nada yang anda tentukan. Klik pada note untuk menghentikan alarm ini.




software alarm


Cukup sekian langkah-langkah untuk menampilkan catatan dengan alarm pada windows 7, untuk yang lainnya silahkan anda sesuaikan dan pelajari sendiri. kuncinya hanya satu yaitu berani mencoba.



software alarm


Silahkan anda bereksperimen sendiri mengenai fitur-fitur lain dari software ini karena memang tidak terlalu sulit dan sangat mudah dipelajari. semoga postingan tentang cara menampilkan catatan di layar desktop windows 7 kali ini bisa bermanfaat.


1 komentar: