Sabtu, 22 Juni 2013

Dasar Visual Basic


Apa itu Visual Basic???
Visual Basic selain disebut sebagai sebuah bahasa pemograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasis Windows. Beberapa kemampuan atau manfaat dari Visual Basic di antaranya seperti:
  • Untuk membuat program aplikasi berbasis Windows
  • Untuk membuat objek-objek pembantu program seperti misalnya control ActiveX, File help, Aplikasi Internet, dan sebagainya.
  • Menguji program )Debugging) dan menghasilkan program berakhoran EXE yang bersifat executable, atau dapat langsung dijalankan.
NB: Visual Basic 6.0 juga merupakan sebuah program aplikasi berbasis Windows, jadi harus diinstal terlebih dahulu ke dalm computer anda dan dijalankan dari dalam lingkungan Windows (terutama Window 95, 96, atau Windows NT)
Keistimewaan Visual Basic
  1. Menggunakan platform pembuatan program yang diberi nama Developer Studio, yang memiliki penampilan sama dengan Visual C++ dan Visual J++. Dengan begitu Anda dapat migrasi atau belajar bahasa pemograman dengan mudah dan cepat, tanpa harus belajar dari nol lagi.
  2. Memiliki Compiler andak yang dapat menghasilkan file executable yang lebih cepat dan lebih efesien dari sebelumnya
  3. Memliki beberapa tambahan sarana wizard yang baru. Wizard adalah sarana yang mempermudah di dalam pembuatan aplikasi dengan mengotomatisasi tugas-tugas tertentu
  4. Tambahan kontrol-kontrol baru yang lebih canggih serta peningkatan kaidah struktur bahasa Visual Basic
  5. Kemampuan membuat ActiveX dan fasilitas Internet yang lebih banyak
  6. Sarana akses data yang lebih cepat dan andal untuk membuat aplikasi database yang berkemampuan tinggi
  7. Visual Basic 6.0 memiliki bebrapa Versi atau edisi yang desesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
Versi-Versi Visual Basic
  • Standard Edition/Learning Edition: Ini adalah versi standaar yang sudah mencakup berbagai sarana dasar dari Visual Basic 6.0 untuk mengembangkan aplikasi
  • Professional Edition: Versi ini memberikan berbagai sarana ekstra yang dibutuhkan oleh para programmer professional. Misalnya seperti Kontrol-kontrol tambahan, dukungan untuk pemograman Internet, Compiler untuk membuat file HELP, serta sarana pengembangan database yang lebih baik
  • Enterprise Edition : Versi ini dikhusukan untuk para programmer yang ingin mengembangkan aplikasi Remote atau Client/Server. Biasanya versi ini digunakan untuk membuat aplikasi pada jaringan.
Untuk mendownload Visual Basic 6.0 [sini]
Cukup untuk perkenalan Visual Basicnya.. ^_^, Now is time For Praktek… Waduch,, so keinggrisan nech,,,,
Menjalankan Visual Basic 6.0
1. Klik tombol mouse pada menu start
2. Pilih menu Programs, Microsoft Visual Basic 6.0, Microsoft Visula Basic
Cat: Ada kemungkinana pada Visual Basic 6.0 tidak berada pada submenu, bergantung pada saat intalasi
3. Sebuah Kotak Dialog seperti dibawah ini akan muncul saat Anda memulai Visual Basic. Pilihlah Standard EXE, lalu klik tombol Open

 http://belajarpemograman-bobby.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar